Kring,,kring,,kring terdengar suara lonceng sepeda yang menyapa kami,
sapaan yang datang dari rekan sesama goweser yang melintas. Sapaan ini seperti menjadi tradisi dikalangan para goweser, sapaan yang menurut kami sebagai simbol persahabatan sesama goweser, sapaan yang membuat kami terlihat akrab walaupun tidak saling kenal.

Tanggal 16 Desember 2018, cuaca begitu cerah untuk bersepeda, kami sudah mempunyai rencana untuk gowes bareng, tetapi di sepanjang rute yang kami lewati terlihat ada yang beda dan menarik, jersey yang kami kenakan sama walaupun beda komunitas. Jersey dengan warna dominan biru dengan kombinasi beberapa warna hitam,putih dan kuning. Ada apa di hari ini?kenapa jersey yang kami kenakan sama padahal kami beda komunitas?.

Oh ternyata ini jawabannya, di depan jersey tertulis “GOWESYUK Bekasi Milad ke 9”, dengan semboyan “SATU SEPEDA SEJUTA SAHABAT” dilengan kiri dan kanan.  “GOWESYUK Bekasi” adalah wadah untuk komunitas sepeda di daerah Bekasi. Wadah yang menyatukan sesama komunitas sepeda di Bekasi, Ecek2 Bikers sendiri termasuk di dalamnya.

Kami diberi kesempatan untuk mewancarai Bapak H.Sukiran sebagai pengurus GOWESYUK BEKASI saat ini. Alhamdulillah beliau dengan senang hati mau berbagi informasi mengenai asal mula berdirinya GOWESYUK dan visi misi kedepannya.

9 tahun lalu tepatnya tanggal 25 November 2009, dipelori oleh Abah Dedi,Bapak Budi Kartono,Bapak Teguh Kriswanto,Bapak Susilo,Bapak Awan,Bapak Sutras,Bapak Iskandar,Bapak H.Unang,Bapak H.Sukiran dibentuk komunitas “GOWESYUK BEKASI”. GOWESYUK BEKASI dibentuk sebagai wadah untuk komunitas-komunitas sepeda yang ada di daerah Kabupaten Bekasi.

“Awalnya gowes-gowes biasa, begitu silaturahmi antar teman sudah mulai akrab, akhirnya digagas dibentuk sebuah komunitas GOWESYUK BEKASI”, Pukas Bapak H.Sukiran.

Hingga saat ini komunitas yang tergabung di GOWESYUK BEKASI sudah mencapai 54 komunitas, dengan jumlah anggota 1517, Angka cukup yang fantastis untuk sebuah komunitas sepeda. dilingkup Kabupaten.

Berikut video wawancara kami dengan Bapak.

Pengurus ‘GOWESYUK BEKASI”

Susunan pengurus GOWESYUK saat ini :

  1. Ketua Umum : H. Sukiran Pramono
  2. Wajetu : Riswadi Ari
  3. Sekjen : Widodo Suyitno
  4. Wasekjen : Agus Setiadi
  5. Bendahara : H. Anton Basyuni

Kepala Divisi :

  1. Kadiv Blusukan : Purwanto Purbalingga
  2. Kadiv DH/MTB : Om Uthe
  3. Kadiv Funbike : Ramdhy A
  4. Kadiv Touring : Eddy Wahyudi
  5. Kadiv Sosial : MB Mariadi
  6. Kadiv IT : Pacitan Sutarno
  7. Kadiv Merchandise : Didik Kurniawan

Tanggal 16 Desember 2018 GOWESYUK Bekasi mengadakan acara milad ke-9 yang diadakan di PERUMAHAN GRAND WISATA BEKASI. Acara di kemas dengan sepeda santai dan diakhiri dengan panggung hiburan. Dengan tiket Rp.75.000 sudah termasuk jersey dan snack. Hadiah yang disediakan oleh panitia cukup menarik perhatian, karena beraneka macam hadiah tersedia, dengan 2 unit motor sebagai Grand Prize.

Acara milad direncanakan dengan matang, saling kordinasi antara panitia dengan mengadakan rapat rutin. Mulai dari pelaksanaan hingga konsep acara yang akan dibuat. Sehingga pelaksanaan acara dapat berjalan sesuai rencana dan lancar.

Terlihat kesibukan dilokasi tempat berlangsungnya acara milad. Mulai dari pengaturan jalur yang akan dilalui para goweser, pengaturan area parkir,pengaturan panggung.


Both sponsor yang ikut meriahkan milad GOWESYUK, terlihat ramai dikunjungi para goweser.

Both panita khusus penukaran kupon snack juga tidak kalah ramai, malah agak kewalahan dengan banyaknya peserta yang menukar kupon.

Acara gowes dimulai, terlihat antusias panitia dan peserta digaris depan.

Berikut rute yang dilalui.

Senyum goweser terlihat lepas melewati rute demi rute.

Setiap rute yang berbelok terlihat marshal mengarahkan agar peserta tidak keluar dari rute yang sudah ditetapkan. Mereka bekerja dibelakang panggung, tidak terlihat, tetapi peran mereka sangat penting.

Setelah menyelesaikan rute, para goweser berkumpul didepan panggung yang sudah disediakan panitia, sambil menunggu pembagian door prize, para goweser juga dapat menikmati hiburan.

Pembagian hadiah dimulai, kira-kira siapa yang beruntung ya,,,?

Puncak acara dilakukan pemotongan tumpeng sebagai tanda milad GOWESYUK ke-9. Tumpengnya terlihat menarik ya kawan,,jadi lapeer,,hihihi.

Dilihat dari susunan acara, gowes milad GOWESYUK ke-9 sangat terkonsep, karena dengan pengalaman GOWESYUK yang mengadakan beberapa event besar sebelumnya.

GOWESYUK sebagai wadah komunitas-komunitas sepeda yang ada di kabupaten Bekasi mempunyai visi menjadikan sepeda sebagai alat transportasi utama yang dipakai masyarakat kabupaten Bekasi untuk berbagai aktifitas seperti yang sudah dijelaskan oleh Bapak H.Sukiran.

Karena dari aktifitas bersepeda kita mendapatkan beberapa manfaat, mulai dari tubuh yang sehat dan sahabat yang banyak, kenapa mendapatkan sahabat yang banyak, karena dengan bersepeda kita bisa berinteraksi masyarakat sekitar khususnya para goweser. Seperti motto yang selalu digaungkan oleh GOWESYUK Bekasi “SATU SEPEDA SEJUTA SAHABAT”.

Sekian ulasan dari kami,

Salam dari Sahabat Ecek2 Bikers.

Cikarang 21,2018

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *