Daerah garut sejak lama sudah terkenal dengan pemandangan alam yang indah, hal itu menjadi magnet tersendiri untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menikmati alam atau sekedar berlibur melepas lelah.

Kali ini kami, team dari ‘Ecek-Ecek Bikers’ mencoba menikmati pemandangan dan tingginya trek ‘Puncak Darajat’.

DSC03805

Kawasan puncak darajat berjarak ± 26 kilometer dari pusat kota garut atau sekitar 60 menit perjalanan. Terhindar dari hingar bingar-nya keramaian kota yang sedikit terlihat mulai padat.

Kota garut

 

Setelah ± 191 kilometer perjalanan dari arah bekasi, kami sampai di kaki kawasan puncak darajat, walaupun masih di kaki puncak, udara mulai terasa dingin, dingin mengusap-usap wajah kami yang terbiasa hangat.

Bekasi - garut.JPG

Setelah istirahat sejenak dan tidak lupa shalat subuh, kami mulai berkemas, menyiapkan segala sesuatu untuk menelusuri trek puncak darajat. Setiap kali gowes ke daerah pegunungan selalu saja mata ini terkesima dengan pemandangan nan indah mempesona, pemandangan dan hawa segar yang tiada kami dapati di daerah kami.

Garis start kami mulai dari jarak hitung ± 9 kilometer ke puncak darajat, jarak tempuh yang sangat pendek bukan?awalnya kami tidak puas dengan keputusan rekan kami dengan mengambil jarak tempuh yang pendek, cuma ± 9 kilometer, terlalu jauh jarak yang kami korbankan untuk menuju garut, tetapi setelah sampai, bersepeda dengan jarak yang sangat pendek.

Pengalaman, memang selalu jadi hal yang terbaik untuk mengatur suatu rencana. Pengalaman kami untuk bersepeda di trek menanjak dimulai dari sini, teknik bersepada di trek menanjak juga belum kami kuasi betul, tetapi kami sudah komplain dengan jarak tempuh yang pendek.

Akhirnya pengalaman yang berbicara, trek puncak darajat sunguh sulit dengan trek menanjak yang panjang dan berbelok. Membuat kami menyesal dengan komplain yang sebelumnya kami sampaikan.

Trek puncak darajat ternyata membuat kami lelah, walaupun sudah berusaha untuk menganyunkan kaki untuk untuk menggowes pedal sepeda, terasa berat, apalagi ini pengalaman pertama kami gowes di trek menanjak.

Jangan pernah malu untuk beristirahat sejenak atau menuntun sepeda jika kondisi sudah tidak mungkin, jangan terlalu memaksa, karena jika dipaksa, dikhawatirkan memperburuk kondisi kita.

Secangkir teh hangat dan sepotong pisang goreng memang jadi teman setia pada saat tenaga sudah terkuras habis.

IMG_4170

Setelah beberapa kali istirahat, akhirnya kami sampai ke wisata puncak darajat. Kawasan wisata puncak darajat di akhir pekan ramai dan padat, banyak wisatawan lokal yang memilih liburan di kawasan tersebut. ‘Darajat pass’ adalah kawasan wisata di daerah garut yang menawarkan sensasi berenang di air hangat, cocok sekali dengan daerah garut yang terkenal sejuk.

Selain wisata pemandian air panas, dikawasan puncak darajat juga terdapat ‘Kawah Darajat’, kawah darajat ini lokasinya ± 2.8 km dari ‘Darajat pass’.

Peta

Sepanjang jalan menuju kawah darajat terdapat pipa gas di sisi sebelah kanan jalan, memanjang hingga menuju kawah.

IMG_20160507_102721IMG_20160507_102734

Jalan menuju kawah lebih menanjak dari sebelumnya, tetapi udara disini sangat sejuk, tidak ada keringat yang menetes meskipun letih. Hanya ada 1 jalan menurun yang panjang, selebihnya tidak terhitung lagi berapa jalan yang menanjak.

Udara sejuk dan pemandangan indah selalu tercermin dari kota garut, kota yang berjarak ± 198 km dari kota bekasi selalu saja memiliki daya tarik untuk selalu di singgahi. Bagi goweser yang berencana gowes ke daerah sejuk nan indah, puncak darajat bisa dijadikan referensi, tetapi butuh persiapan fisik dan jasmani sebelum menjajal trek puncak darajat ini.

Cikarang 2017,

Salam gowes dari sahabat ‘Ecek2 Bikers’

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *